Daftar Teluk di Pulau Jawa yang Keren

18 views

Saat masih sekolah dulu, kamu mungkin sering mendapat pertanyaan dari gurumu tentang perbedaan teluk dan semenanjung. Yup! Teluk adalah bagian perairan yang menjorok ke daratan sehinga ketiga sisinya dibatasi oleh daratan, sedangkan semenanjung atau tanjung adalah sebaliknya

Karena letaknya ini, teluk umumnya dimanfaatkan sebagai kawasan pelabuhan tempat kapal-kapal bersandar. Tapi tahukah kamu bahwa keindahan teluk-teluk di Indonesia ternyata juga bisa menjadi daya tarik bagi para wisatawan? Khususnya di Pulau Jawa, teluk-teluk ini adalah yang menjadi primadona lantaran keindahannya.

Teluk Hijau atau disebut juga Teluk Ijo atau Green Bay adalah salah satu destinasi yang terkenal di Banyuwangi. Menawarkan wisata alam berupa teluk yang dikelilingi hutan hijau, pasir putih, dan air laut berwarna kehijauan – menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Dahulu, teluk ini hanya dinikmati dari kejauhan oleh para pengunjung Taman Nasional Meru Betiri. Dari atas bukit, teluk ini memang terlihat begitu menawan. Tapi kini, banyak wisatawan yang tertarik untuk langsung menjejak pantai di Teluk Hijau. Namun meski panoramanya sangat indah, wisatawan diminta untuk berhati-hati lantaran ombak di kawasan pantai ini yang tergolong ganas.

Menurut penuturan masyarakat setempat, pantai di sini dahulu merupakan rumah bagi para penyu sehingga disebut sebagai Teluk Penyu. Sayang lantaran padatnya lalu lintas kapal milik membuat penyu-penyu yang biasanya bertelur di kawasan ini memilih untuk hijrah ke Bali dan Lombok.

Memiliki luas kurang lebih 18 hektare dengan pemandangan indah serta udara yang sejuk menjadikan Teluk Penyu banyak dikunjungi wisatawan. Ditambah lagi dengan adanya peninggalan bersejarah Benteng Pendem membuat destinasi yang satu ini layak dikunjungi. Tak jauh dari Teluk Penyu, terdapat pula Pulau Nusakambangan yang lokasi rumah tahanan.