MasyaAllah 8 Vokalis Band yang Memutuskan Hijrah dan Meninggalkan Dunia Musik

Banyak artis Indonesia yang memutuskan untuk menempuh jalan yang lebih baik atau istilah populernya adalah berhijrah

mereka tidak hanya meninggalkan masa lalu yang kelam tetapi juga tak jarang yang mencoba menepis dari hiruk-pikuk

Berikut sederet vokalis band Indonesia ini adalah bagian dari publik figur memutuskan menempuh jalan terang dengan cara berhijrah

Bahkan mereka tidak hanya berubah menjadi seseorang yang lebih baik tetapi juga selebriti ini rela meninggalkan dunia musik yang selama ini telah melambungkan namanya biar tidak penasaran dan bertanya-tanya dengan artis tersebut

Berikut beberapa vokalis band yang memutuskan hijrah dan meninggalkan dunia musik

1. Gito Rollies

Bangun Sugito atau lebih dikenal Gito Rollies adalah rocker bersuara khas yang sangat dikenal publik Tanah Air. Ia lahir di Biak pada 1 November 1947.

Pada 1967 Gito diajak bergabung dengan The Rollies band yang dibentuk oleh basis Deddy Stanzah, drumer Iwan Iskandar dan gitaris Tengku Zulian Iskandar. Sejak itu nama Rollies melekat pada diri Gito.

Ingar-bingar musik dan penyalagunaan obat terlarang sempat dirasakan Gito. Hingga pada titik tertentu ia menghentikan kebiasaan buruk itu.

Pada 1983 Gito menikah dengan perempuan keturunan Belanda bernama Michelle van der Rest. Namun saat itu dia belum lepas dari narkotika. Uang dan popularitas makin mengakrabi Gito setelah pindah ke Jakarta. Ia cukup lama menjadi pemakai narkoba.

Sekira akhir 1997 Gito memutuskan meninggalkan narkotika. Saat itu, sehari sebelum berulang tahun ke-50 Gito berjanji setelah usia menginjak 50 tahun akan berhenti memakai segala jenis narkoba.

Gito hijrah dan mendalami ilmu agama bahkan rutin mengikuti kajian Islam. Tidak sampai di situ Gito juga aktif mengisi kajian Islam.

Gito wafat di Jakarta pada 28 Februari 2008 setelah melawan sekuat tenaga penyakit kanker getah bening yang diidapnya sejak 2005.

2. Hari Moekti

Hariadi Wibowo atau lebih akrab dikenal Hari Moekti lahir di Cimahi pada 25 Maret 1959. Ia berasal dari seorang ayah anggota TNI AD. Rocker yang antraktif di panggung ini dikenal dengan sebutan Kutu Loncat

Hari Moekti mengawali kariernya di dunia musik pada 1988. Nama Hari Moekti sangat terkenal di blantika musik cadas pada era tahun 1980 hingga 1990-an.

Bahkan, dia menjadi trendsetter fashion anak muda pada zaman itu. Celana jeans yang sobek-sobek yang biasa dipakainya ditiru oleh anak-anak muda masa itu.

Hari Moekti bisa juga dibilang jadi salah satu rocker yang punya jadwal manggung paling padat. Tentunya dengan tarif yang gila-gilaan untuk menampilkan sosok Hari Moekti.

Namun kekayaaan dan keteneran yang didapatkan tidak membawanya bahagia, semu. Hari pun bertekad hijrah dan menekuni ilmu agama Islam hingga dia wafat pada Minggu 24 Juni 2018 malam.

3. Sakti Ari Seno

Sakti Ari Seno atau akrab disapa Sakti adalah mantan gitaris grup musik Sheila on 7. Ia salah satu pemusik Tanah Air yang memutuskan berhijrah. Sakti meninggalkan teman-temannya di band Sheila on 7 sejak 2006.

Sejak hijrah, Sakti berganti nama menjadi Salman Al Jugjawy. Usai memutuskan berhenti dari dunia musik, kini dia sibuk menuntut ilmu agama dan berusaha menjalankan sunah Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. Kini Sakti juga memiliki bisnis pakaian gamis dan usaha peternakan.

4. Uki eks Noah

Uki eks Noah mantap hijrah dan memperdalam ajaran agama Islam. Ia pun memutuskan keluar dari band Noah dan fokus dengan bidang lain.

Dalam sebuah tayangan video, pria yang mulai berhijrah sejak 2 tahun silam ini menuturkan pandangannya tentang musik. Uki eks Noah mengaku tidak bangga dengan pencapaiannya ketika menjadi musisi.

5. Derry Sulaiman

Deri Guswan Pramona atau akrab disapa Derry Sulaiman lahir di Saniangbaka, Sumatera Barat, pada 1 Agustus 1978. Ia lama bermain musik di Bandung dan Jakarta. Pada era 1999-an, Derry bergabung dengan grup trash metal Betrayer sebagai gitaris.

Dari hasil manggung bersama band, Derry Sulaiman mengantongi banyak materi. Mobil-mobil yang dimiliki juga merek ternama. Semua dia dapatkan, kemewahan dunia dirasakan. Namun, hal itu tak membuatnya bahagia.

Hidup saya hampa meski banyak uang dan populer sebagai anak band. Kebahagiaan ternyata soal ketaatan beribadah, bukan kekayaan atau popularitas ujarnya.

Semua kehidupan duniawi itu ditinggalkan Derry Sulaiman pada 19 tahun silam. Kini hidupnya diisi dengan memperdalam ilmu agama Islam.

6. Bjah eks The Fly

Muhammad Hamzah atau dikenal sebagai Bjah merupakan mantan vokalis grup band The Fly yang populer lewat lagunya berjudul Terbang. Sempat melewati masa kelam dengan pasang surut kehidupan kini Bjah sudah mantap memutuskan hijrah.

Bagi Bjah tidak mudah untuk menemukan arti hijrah itu sendiri. Dia mengaku sampai harus tiga kali berhijrah baru menemukan makna sebenarnya.

7. Opick

Aunur Rofiq Lil Firdaus atau lebih dikenal Opick dikenal sebagai penyanyi lagu-lagu religi. Ia mengawali karier di dunia musik sebagai penyanyi beraliran rock dan bergabung dengan sebuah grup band. Upaya Opick dan bandnya mengirimi lagu-lagu rock ciptaannya ke beberapa perusahaan rekaman seringkali berujung kegagalan.

Karier sebagai penyanyi rock pun tidak jelas hingga membuat Opick dilanda keresahan. Akhirnya ia memilih banting setir dan menggeluti lagu-lagu nasyid. Berbagai pertimbangan panjang dia lakukan hingga akhirnya memutuskan hijrah.

8. Sunu

Perjalanan religi kisah hijrah mantan vokalis Matta band Sunu Hermain berawal dari rasa risaunya pada kehidupan duniawi hingga membawa dirinya ke dalam dekapan Allah.

Pada masa kejayaan Matta band yang divokalisi oleh Sunu, siapa yang tidak tahu dengan penggalan lirik lagu berbunyi Ho-oh. Kamu ketahuan pacaran lagi dengan dirinya teman baikku ho-oh

Ketika kita membahas Matta band tentu yang akan terlintas dalam benak kita soal lagu yang sempat viral di kalangan anak muda kala itu dengan judul Ketahuan.

 

 

 

Walaupun Sunu jadi sosok ikonik dalam band Matta, ternyata perjalanan kariernya tidak semulus paras wajahnya yang dikenal memiliki wibawa yang cukup tinggi.

Leave a reply "MasyaAllah 8 Vokalis Band yang Memutuskan Hijrah dan Meninggalkan Dunia Musik"

Author: 
author