Memohon Doa Kepada Allah SWT Agar Dipertemukan dengan Bulan Ramadhan di Thun Berikutnya, Mohon Ampun dan Keberkahan

Manusia adalah makhluk yang tak lepas dari dosa, baik disengaja atau tidak. Setiap manusia pasti pernah berdosa baik kepada sesama manusia, kepada sesama makhluk ciptaan Tuhan, atau bahkan dosa kepada Tuhannya

Tidak heran, Rasulullah SAW senantiasa mengajak umatnya untuk selalu memohon ampunan kepada Allah SWT. Bahkan Rasulullah SAW yang dijamin dengan surga saja tetap meminta ampun atas dosanya setiap saat

Salah satu tanda keimanan dari seorang mukmin adalah merasa bergembira ketika akan datangnya bulan Ramadhan. Namun selain itu, umat muslim juga pantas merasa bersedih ketika bulan Ramadhan berakhir dan berharap dapat dipertemukan kembali.

Hal itu tak lain karena bulan Ramadhan adalan bulan suci penuh keberkahan dan ampunan Allah SWT. Oleh karenanya seorang muslim hendaknya berdoa memohon agar senantiasa dipertemukan dengan Ramadhan.

Terlebih kita semua tidak mengetahui umur masing-masing. Kita tidak mengetahui apakah Allah akan mengizinkan kita bertemu dengan Ramadhan yang akan datang.

Baik menjelang atau di penghujung Ramadhan, membaca doa berikut ini penting agar kita senantiasa diridhoi untuk bertemu dan beribadah di bulan Ramadhan.

1. Doa Agar Dipertemukan dengan Bulan Ramadhan Jelang Bulan Ramadhan

Jika dalam kondisi menjelang bulan Ramadhan boa menyambut bulan Ramadhan ini diajarkan oleh Rasulullah dan diterapkan oleh para sahabat. Doa ini juga dimaksudkan agar dipertemukan dengan bulan Ramadhan yang semakin dekat.

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِى رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَارِكْ لَنَا فِى رَمَضَانَ .

Artinya: Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban, serta berkahilah kami di bulan Ramadhan HR Ahmad No 2346

Selain itu, ada juga doa yang digunakan untuk menyambut Ramadhan, tepatnya di awal Ramadhan dan diucapkan ketika melihat Hilal. Isi doa tersebut adalah permohonan pertolongan kepada Allah diberi keselamatan di bulan puasa.

Doa tersebut yakni:

اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْأَمْنِ وَالْإِيمَانِ، وَالسَّلَامَةِ وَالْإِسْلَامِ، وَالتَّوْفِيقِ لِمَا تُحِبُّ وَتَرْضَى، رَبُّنَا وَرَبُّكَ اللَّهُ

Artinya: Allahu akbar, ya Allah jadikanlah Hilal itu bagi kami dengan membawa keamanan dan keimanan, keselamatan dan islam, dan membawa taufik yang membimbing kami menuju apa yang Engkau cintai dan Engkau ridai.

Tuhan kami dan Tuhan kamu wahai bulan, adalah Allah. HR Ahmad no 888, Ad-Darimi no 1729, dan dinilai shahih oleh Syu’aib Al-Arnauth dalam Ta’liq Musnad Ahmad, 3/171

2. Doa Agar Dipertemukan dengan Ramadhan Kembali Jelang Akhir Ramadhan

Seorang mukmin pasti merasa sedih jika bulan Ramadhan akan berakhir.

Doa utama yang terucap salah satunya adalah agar dipertemukan kembali dengan Ramadhan tahun-tahun berikutnya.

اللَّهُمَّ لاَ تَجْعَلْهُ آخِرَ الْعَهْدِ مِنْ صِيَامِنَا إِيَّاهُ، فَإِنْ جَعَلْتَهُ فَاجْع لْنِيْ مَرْحُوْمًا وَ لاَ تَجْعَلْنِيْ مَحْرُوْمًا

Artinya: Ya Allah, janganlah Kau jadikan bulan Ramadhan ini sebagai Bulan Ramadhan terakhir dalam hidupku. Jika Engkau menjadikannya sebagai Ramadhan terakhirku, maka jadikanlah aku sebagai orang yang Engkau sayangi.

Mohon Ibadah Puasa Diterima

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا صِيَامَنَا وَقِيَمَنَا وَرُكُوْعَنَا وَسُجُوْدَنَا وَتِلَاوَتَنَا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Wahai Tuhan kami, terimalah puasa kami, shalat kami, ruku kami, sujud kami dan tilawah kami. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui

Mohon Ampunan Selain memohon agar puasa diterima dan dipertemukan dengan bulan Ramadhan lagi, yang tak kalah penting adalah doa memohon ampunan.

للَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي ا

Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf, suka pemaaf, maka maafkanlah daku. Itulah doa agar dipertemukan dengan bulan Ramadhan baik menjelang datangnya bulan suci maupun berakhirnya bulan penuh keberkahan tersebut.

Cara memohon ampun dapat dilakukan dengan berbagai cara, baik menjalankan sholat Taubat, membaca kalimat istigfhar, ataupun berdoa. Meski dosa kecil sebaiknya tidak diremehkan. Sebab jika dibiarkan bertumpuk-tumpuk akan menjadi dosa besar.

Berdoa memohon ampun kepada Allah SWT dapat dilakukan kapan saja. Apalagi bila diamalkan di bulan Ramadhan yang pahala amalan baiknya berlipat ganda. Terlebih, 10 hari kedua di bulan Ramadhan disebut sebagai bulan pengampunan.

Setiap manusia pasti sering khilaf. Khilaf yang terjadi tidak hanya berdampak pada diri sendiri, namun juga kepada orang lain maupun amal ibadah kita.

Bahkan khilaf yang kita lakukan bisa saja mengurangi catatan pahala. Ini karena khilaf tersebut telah melanggar batas-batas syariat. Tentu, ganjaran dari khilaf tersebut adalah dosa.

Dengan begitu, umat Islam dianjurkan membaca doa mohon ampun atas segala kekhilafan yang telah dilakukan.

Semoga kita semua senantiasa dalam lindungan Allah SWT.

Leave a reply "Memohon Doa Kepada Allah SWT Agar Dipertemukan dengan Bulan Ramadhan di Thun Berikutnya, Mohon Ampun dan Keberkahan"

Author: 
author