Ini lho Moms, 10 Macam Uji Buat Ngebedain Madu Murni dengan Madu Campuran. Lebih Jeli Lagi Ya Memilihnya Moms!

Meski tak semua orang suka madu, sebenarnya bahan makanan yang satu ini cukup populer sebab banyak khasiatnya. Madu yang sebenarnya ialah bahan nektar yang didapatkan lebah dari bunga. Namun karena kebutuhan yang besar, ada saja oknum nakal yang memalsukan madu murni yang dicampurkan dengan bahan lain seperti air dan gula kemudian menjualnya secara bebas. Konsumen yang memang benar-benar cari madu asli jadi kecewakan…

Memang sulit membedakan madu murni dan campuran kalau hanya dilihat dari kemasannya saja. Moms harus melakukan beberapa tes atau uji buat membedakan mana madu yang murni dan yang campuran. Begini caranya Moms!

Madu murni punya warna yang pekat dan biasanya terdapat kotoran alami seperti serbuk sari atau sisa bekas rumah lebah yang hancur dalam proses penyaringan. Sedangkan madu campuran punya warna yang jauh lebih jernih, cair, dan bersih sehingga lebih menarik tampilannya.

1. Tes kejernihan: melihat warna dan tekstur madu secara kasat mata

2. Tes rasa: coba rasakan madu setelah tutup kemasannya dibuka selama beberapa menit

Rasa madu murni yang nggak terlalu manis dengan sedikit aroma bunga nggak akan hilang setelah tutup kemasan dibuka selama beberapa menit. Teksturnya yang sangat kental bikin madu agak sulit ditelan. Madu campuran rasanya akan hilang setelah bercampur dengan udara dan terkadang hanya menyisakan rasa gula dan aroma tambahan.


3. Tes konsistensi: ambil sesendok madu dan coba tuangkan dari ketinggian sekitar 30 senti

Aliran madu murni nggak akan terputus karena konsistensinya yang sangat kental, sehingga nggak pecah oleh gerak atau pun angin kecil. Kalau madu campuran bakal terlihat putus-putus saat dituangkan dari ketinggian.

4. Tes air: masukkan satu sendok madu ke dalam gelas berisi air mineral

Leave a reply "Ini lho Moms, 10 Macam Uji Buat Ngebedain Madu Murni dengan Madu Campuran. Lebih Jeli Lagi Ya Memilihnya Moms!"

Author: 
author