Inilah 7 Ciri Penyakit Al Wahn, Cinta Dunia & Takut Mati Sebarkan Agar banyak yang paham,1X sebarkan semoga menambah keberkahan untuk keluarga kita

Dalam ar-Rahiq al-Makhtum karya Syeikh Shafiyurrahman Mubarakfury diceritakan ada seorang wanita Arab dilecehkan orang Yahudi Bani Qainuqa saat datang ke pasar. Diam-diam, orang Yahudi mengikat ujung kerudungnya, hingga ketika muslimah ini bangkit, tersingkapkan aurat dan wajahnya.

Peristiwa ini membuat Rasulullah ﷺ marah dan melakukan pengepungan terhadap Bani Qainuqa selama 15 hari. Hampir saja semua kaum laki-laki Bani Qainuqa ini dihukum mati, sebelum akhirnya nabi bermurah hati meminta semuanya meninggalkan Kota Madinah.

Saat ini, umat Islam dihinakan di berbagai penjuru dunia, muslimahnya dilecehkan, tapi tidak ada satupun –apalagi pemimpin dunia—berada di garda depan membela mereka.

Rasulullah ﷺ pernah mengabarkan, kelak di mana ummat Islam akan berada dalam keadaan yang sedemikian buruknya sehingga diumpamakan sebagai laksana makanan yang diperebutkan oleh sekumpulan para pemangsanya. Ketika itu, jumlah umat besar namun tak berdaya, karean semua sudah dihinggapi penyakit Al Wahn (cinta dunia & takut mati).

Apa ciri-ciri penyakit Al Wahn?

Mudah takjub (kepada harta, benda, kepada orang kafir dan hal-hal selain urusan kepada Allah)
لَا يَغُرَّنَّكَ تَقَلُّبُ الَّذِينَ كَفَرُوا فِي الْبِلَادِ مَتَاعٌ قَلِيلٌ ثُمَّ مَأْوَاهُمْ جَهَنَّمُ ۚ وَبِئْسَ الْمِهَادُ

Janganlah sekali-kali kamu terpedaya oleh kebebasan orang-orang kafir bergerak di dalam negeri. Itu hanyalah kesenangan sementara, kemudian tempat tinggal mereka ialah Jahannam; dan Jahannam itu adalah tempat yang seburuk-buruknya. [QS: Ali Imran / 3 : 196-197]

Silau melihat dunia & Isinya

Nabi ﷺ bersabda

إِنَّ لِكُلِّ أُمَّةٍ فِتْنَةً وَفِتْنَةُ أُمَّتِى الْمَالُ

“Sesungguhnya setiap umat memiliki ujian, dan ujian umatku adalah harta.” [HR At Tirmidzi] .

Dalam Surat Ali Imran Allah sempat menyinggung; akan dijadikan indah (dalam pandangan) manusia kecintaan pada wanita, anak, harta, emas dan kendaraan.

Hilangnya rasa gentar musuh

Rasulullah ﷺ bersabda; “Hampir tiba masanya kalian diperebutkan seperti sekumpulan pemangsa yang memperebutkan makanannya.” Maka seseorang bertanya: ”Apakah karena sedikitnya jumlah kita?” ”Bahkan kalian banyak, namun kalian seperti buih mengapung. Dan Allah telah mencabut rasa gentar dari dada musuh kalian terhadap kalian. Dan Allah telah menanamkan dalam hati kalian penyakit Al-Wahan.” Seseorang bertanya: ”Ya Rasulullah, apakah Al-Wahan itu?” Nabi shollallahu ’alaih wa sallam bersabda: ”Cinta dunia dan takut akan kematian.” (HR: Abu Dawud)

Mudanya menjual agama

Bersegeralah beramal shalih, sebelum datang fitnah-fitnah yang banyak. Seseorang di waktu pagi masih beriman, namun di sore hari ia kafir. Atau seseorang di sore hari ia beriman, dan di pagi hari ia kafir. Dia menjual agamanya dengan secuil kesenangan dunia.” (HR Muslim)

Pengecut, dan tidak mau beramar ma’ruf dan nahi munkar

Tidaklah seseorang melakukan perbuatan-perbuatan maksiat dan ia berada dalam suatu kaum, namun kaum itu tidak mencegahnya walaupun mereka mampu, melainkan Allah SWT akan menimpakan bencana yang pedih ke atas kaum itu sebelum mereka mati. (HR Abu Daud dan Ibnu Majah)

Hilangnya pemimpin kuat, Lahirnya Pemimpin Jahat

Hendaklah kamu mengajak kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran. Jika tidak, maka Allah SWT akan menguasakan atasmu orang-orang paling jahat di antara kamu, kemudian orang-orang yang baik di antara kamu berdoa dan tidak dikabulkan (doa mereka). (HR Abu Dzar).

Meninggalkan jihad|

Nabi ﷺ bersabda

إِذَا تَبَايَعْتُمْ بِالْعِينَةِ وَأَخَذْتُمْ أَذْنَابَ الْبَقَرِ وَرَضِيتُمْ بِالزَّرْعِ وَتَرَكْتُمُ الْجِهَادَ سَلَّطَ اللَّهُ عَلَيْكُمْ ذُلاًّ لاَ يَنْزِعُهُ حَتَّى تَرْجِعُوا إِلَى دِينِكُمْ

Apabila kamu melakukan jual beli dengan sistem ‘inah, kalian berada di belakang ekor sapi, ridha dengan cocok tanam dan meninggalkan jihad, niscaya Allah akan menjadikan kalian dalam kondisi kehinaan, Allah tidak akan mencabut kehinaan itu sampai kalian kembali kepada agama kalian.” (HR. Abu Daud). (CK)

Leave a reply "Inilah 7 Ciri Penyakit Al Wahn, Cinta Dunia & Takut Mati Sebarkan Agar banyak yang paham,1X sebarkan semoga menambah keberkahan untuk keluarga kita"

Author: 
author