Wisatawan Bayar Rp37000 Usai Makan Pecel Lele di Malioboro Pedagang: Jangan Cuma Ngomong di Medsos

Untuk kesekian kalinya, wisatawan mengeluhkan mahalnya harga makanan di kawasan Malioboro, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Kali ini seorang wisatawan mengaku harus membayar Rp37 ribu untuk satu porsi pecel lele dan video pengakuannya pun viral di media sosial.

Menghadapi viralnya video pengakuan wisatawan tersebut, pedagang di kawasan Malioboro gerah dan angkat bicara.

Ketua Paguyuban Lesehan Malam Malioboro Sukidi meminta wisatawan melaporkan langsung kepada petugas di sekitar Malioboro.

Para pengurus paguyuban, kata dia, siap membantu sehingga bisa langsung diselesaikan.

Baca Juga: Viral Harga Pecel Lele Mahal di Malioboro, Wawali Yogya akan Tutup Permanen Warung Pedagangnya

Saran kami jangan terus ngomongnya di medsos. Kan juga ada sarana pengaduan konsumen, baik lewat UPT Pemkot dan kami sebagai pengurus juga siap membantu untuk menyelesaikan jika ada yang kurang puas, ujar Sukidi, Rabu (26/5/2021).

Ia pun meminta para wisatawan untuk lebih cermat khususnya saat akan membeli makanan di lesehan Malioboro.

Harusnya calon konsumen yang makan di Malioboro bisa baca, berapa harga yang tercantum di daftar harga, katanya.

Menurutnya, pedagang di sekitar Malioboro sudah tidak lagi seperti dulu. Sekarang ini, kata dia, pedagang lebih mengutamakan pelayanan.

Walaupun ini masih masa pandemi, teman-teman pedagang masih bisa berpikir positif. Dalam arti persiapan-persiapan menghadapi musim liburan lebaran tetap terkontrol, baik tentang harga dan pelayanan, jelasnya.

Baca Juga: Perjalanan Antarkota Selama Libur Lebaran Dibatasi, Malioboro Sepi Pengunjung

Lebih lanjut Sukidi mengatakan, harga normal lesehan pecel lele di sekitar Malioboro, Kota Yogyakarta berkisar Rp 15.000 hingga Rp 18.000. Harga tersebut didapatkan setelah pihaknya melakukan survei di pedagang sekitar Malioboro, Kota Yogyakarta.

“Hasil survei kami harga tertinggi di lapangan pecel lele Rp 15.000- Rp 18.000 per porsi. Tapi tadi di medsos disebut harga per porsi lebih dari Rp 20.000 ditambah lalapan Rp 10.000,” katanya.

Oleh karena itu seperti dilansir dari wisatawan-bayar-rp-37000-untuk-seporsi-pecel-lele-pedagang”>Kompas.com, lanjutnya, calon konsumen diharapkan lebih cermat ketika akan membeli makanan di lesehan Malioboro.

Diberitakan KompasTV sebelumnya, seorang wisatawan harus membayar Rp 37.000 untuk satu porsi pecel lele di kawasan Malioboro, DIY.

Jika dirinci wisatawan yang ada di video itu membayar Rp 20.000 untuk lele, Rp 7.000 untuk nasi putih, dan Rp 10.000 untuk lalapan.

Baca Juga: Mau Masuk Malioboro, Wisatawan Wajib Cek Kesehatan!

Berikut ini video pengakuan wisatawan yang viral tersebut seperti diunggah salah satu akun Instagram @cetul.22

Leave a reply "Wisatawan Bayar Rp37000 Usai Makan Pecel Lele di Malioboro Pedagang: Jangan Cuma Ngomong di Medsos"

Author: 
author