Viral di Medsos Wisatawan Keluhkan Harga Pecel Lele Rp37 Ribu

31 views

Kawasan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memang terkenal dengan makanan yang dibanderol dengan harga murah.

Tidak heran jika kita bisa makan sepuasnya, tetapi hanya mengeluarkan budget yang cukup terjangkau.

Namun, belakangan mulai banyak keluhan dari wisatawan yang mengatakan bahwa makanan di Kawasan DIY mulai kurang terjangkau. Seperti yang baru-baru ini viral di media sosial TikTok.

Mengutip dari Kompas.com, seorang wisatawan dengan nama pengguna TikTok @aulroket mengeluhkan mahalnya porsi pecel lele.

Pasalnya, berdasarkan video tersebut ia mengungkapkan harus membayar Rp37 ribu untuk satu porsi pecel lele di tempat makan lesehan, di daerah Malioboro.

Menanggapi video tersebut, Ketua Paguyuban Lesehan Malam Malioboro Sukidi meminta wisatawan yang menemukan oknum pedagang, bisa langsung melapor pada tugas yang ada di sekitar kawasan tersebut.

Sukidi mengatakan, para pengurus paguyuban akan siap membantu, sehingga masalah bisa langsung diselesaikan.

Sukidi juga mengimbau, agar wisatawan tidak bicara melalui media sosial. Pasalnya, sudah ada sarana untuk pengaduan konsumen secara langsung.

“Saran kami, jangan terus ngomongnya di medsos. Kan, juga ada sarana pengaduan konsumen, baik lewat UPT Pemkot dan kami sebagai pengurus, juga siap membantu untuk menyelesaikan jika ada yang kurang puas,” ujar Sukidi saat dihubungi Kompas.com, Rabu (26/5).

Dirinya meminta para wisatawan untuk lebih cermat khususnya saat akan membeli makanan di lesehan Malioboro.

“Harusnya calon konsumen yang makan di Malioboro bisa baca, berapa harga yang tercantum di daftar harga,” katanya.

Dikatakan Sukidi, pedagang di sekitar Malioboro sudah tidak lagi seperti dulu. Sekarang ini, kata dia, pedagang lebih mengutamakan pelayanan.

“Walaupun ini masih masa pandemi, teman-teman pedagang masih bisa berpikir positif. Dalam arti persiapan-persiapan menghadapi musim liburan lebaran tetap terkontrol, baik tentang harga dan pelayanan,” kata Sukidi.

Sukidi menjelaskan, harga normal lesehan pecel lele di sekitar Malioboro, Kota Yogyakarta berkisar Rp15.000 hingga Rp18.000.

Harga tersebut didapatkan setelah pihaknya melakukan survei di pedagang sekitar Malioboro, Kota Yogyakarta.

“Hasil survei kami harga tertinggi di lapangan pecel lele Rp15.000- Rp18.000 per porsi. Tapi tadi di medsos disebut harga per porsi lebih dari Rp20.000 ditambah lalapan Rp10.000,” paparnya.

Oleh karena itu, para calon konsumen diharapkan bisa lebih cermat saat akan membeli makanan di lesehan Malioboro.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, seorang wisatawan harus membayar Rp37.000 untuk satu porsi pecel lele di kawasan Malioboro, DIY.

Secara terperinci, wisatawan yang ada di video tersebut membayar Rp20.000 untuk menu lele, Rp7.000 untuk nasi putih, dan Rp10.000 untuk lalapan.

Namun kabar terbaru, pihak paguyuban justru ingin meminta klarifikasi dari konsumen yang bersangkutan, karena ternyata kejadiannya di luar area Malioboro.

Teman-teman merasa dirugikan dengan statement Mbaknya yang pengen viral itu mungkin. Teman-teman berencana kalau tidak segera ditarik atau klarifikasi akan kita gugat balik karena mencemarkan nama Malioboro, Itu di luar Malioboro tetapi yang disebut di Malioboro,” ujarnya saat dikonfirmasi, Kamis (27/5), seperti dikutip dari Kompas.com.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Video Viral Wisatawan Bayar Rp 37.000 untuk Seporsi Pecel Lele, Pedagang Malioboro: Jangan Ngomongnya di Medsos”. (*)

Leave a reply "Viral di Medsos Wisatawan Keluhkan Harga Pecel Lele Rp37 Ribu"

Author: 
author