Benarkah Pakai Lipstik Batalkan Puasa? Ini Penjelasan Ustaz Abdul Somad

58 views

Ustaz Abdul Somad atau yang dikenal dengan panggilan UAS menjelaskan bagaimana puasa orang yang pakai lipstik dianggap tidak sah.

Dalam sebuah video Youtube, di majelis yang dibawakannya, UAS pun kemudian menjawab dengan lugas.

“Pak Ustaz, kalau sedang puasa pakai lipstik, apakah puasanya sah?” tanya seorang jamaah kepada UAS dikutip dari Hops.id–jaringan Suara.com, Selasa (13/4/2021).

Menurut Ustaz Abdul Somad, seorang perempuan yang pakai lipstik saat puasa tidaklah membatalkannya. Sejumlah alasan kemudian dia sampaikan, yang intinya pendapat itu tidak benar adanya.

“Kecuali memakai lipstik sambil minum es teh, itu baru batal,” kata Ustaz Abdul Somad disambut tawa jamaah.

Akan tapi yang jadi masalah, karena jamaah itu bertanya lipstik, maka UAS memastikan kalau itu di luar tubuh, karena berkenaan dengan bibir.

Menurut pendakwah jebolan Al Azhar ini, di dalam mazhab Hambali, hal-hal yang berhubungan dengan di luar tubuh tidaklah batal.

Begitupula hanya jika seorang perempuan hendak mencicipi makanan saat keperluan sahur atau berbuka puasa. Itu ditegaskan UAS tidak membuat batal.

“Ujung lidah mencicip gulai saja tak batal. Ya itu mazhab Hambali. Tapi mencicip sekali, jangan setengah mangkuk,” katanya yang lagi-lagi disambut tawa jamaah.

Lebih lanjut, mantan dosen UIN Suska Riau menegaskan jika perempuan yang pakai lipstik saat puasa, tetap sah ibadahnya.

Akan tetapi, pada kesempatan itu, dia menyinggung penggunaan make up yang acap digunakan para perempuan.

Sebab make up ini pada dasarnya menurut UAS sangat tidak diperkenankan pada perempuan. Ada alasan tersendiri yang dia kemukakan. Yakni, make up dapat membuat wajar tertutup pori-porinya. Selain itu, make up juga akan membuat wajat kian kusam terlihat.

“Banyak pokoknya (masalah make up), banyak. Sudah tidak usah pakai make up, berhenti pakai make up,” katanya lagi.

Apa yang disampaikan Ustaz Abdul Somad dianggap masuk akal. Karena pada dasarnya kecantikan seorang perempuan tidak terletak pada make up yang dipakai. Tetapi kecantikan dari dalam. Wanita itu dinilai bakal makin cantik jika hatinya bersih dengan tahajud.

“Nah ini, bibir merah, jidat hijau, mata biru, wajah putih tebal, eh tangannya hitam. Tak usahlah pakai make up. Karena kalau orang sudah terbiasa pakai make up, ketika dia tidak make up dia tidak pede, tak berani menghadapi orang.” kata dia.

Leave a reply "Benarkah Pakai Lipstik Batalkan Puasa? Ini Penjelasan Ustaz Abdul Somad"

Author: 
author