Mesin Bermasalah, Pesawat Garuda Mendarat Darurat di Bandara Hasanuddin

22 views


Pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 642 PK-GFF mendarat darurat di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan (Sulsel), Rabu (17/2). Pesawat jenis Boeing 737-800 yang melayani rute Makassar-Gorontalo itu terpaksa RTB (return to base) atau kembali ke bandara itu karena masalah pada salah satu mesinnya.

Iya pagi tadi pukul 10, pesawat Garuda take off, setelah di 200 feet, ada kegagalan pada engine 2, sebelah kanan, sehingga harus RTB dan mendarat darurat, kata Kepala Otoritas Bandara wilayah V Makassar Baitul Ikhwan.

Pesawat yang dipiloti Kapten Jonathan Martin itu membawa 34 penumpang. Seluruhnya selamat.

Baitul Ikhwan mengatakan, peristiwa serupa terjadi sebulan yang lalu. Pilot juga cepat mengantisipasinya. “Nah kejadian pagi tadi juga demikian. Pilotnya cepat mengantisipasi sehingga pesawat harus RTB dan mendarat darurat, karena memang seperti itu regulasinya. Tiga puluh empat penumpangnya aman semua. Saat ini sementara dipersiapkan pesawat baru untuk mengantar puluhan penumpang itu terbang kembali ke Gorontalo,” jelasnya.

Namun Baitul Ikhwan menolak merinci lebih jauh mengenai kerusakan pada engine 2 yang dimaksudnya. Saat ditanya soal informasi yang menyatakan, asap terlihat keluar dari mesin pesawat, dia tidak berani memastikan.

Baitul Ikhwan akan mengecek kembali informasi itu. Menurut dia, bisa jadi benar ada asap dari mesin, tapi kemungkinan itu hanya efek dari masalah. “Yang penting semuanya selamat,” tutupnya. [yan]

Leave a reply "Mesin Bermasalah, Pesawat Garuda Mendarat Darurat di Bandara Hasanuddin"

Author: 
author