Keren, Ini Prestasi Iptu Novita Rindi yang Viral Dampingi Kapolri Tes di DPR

Jakarta – Sosok Iptu Novita Rindi jadi atensi publik karena kehadirannya saat Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjalani fit & proper test di depan anggota Komisi III DPR RI. Dia tampak berada di belakang Jenderal Listyo Sigit.
Kehadiran Iptu Novita Rindi di momen tersebut rupanya sudah menjadi bagian dari tugasnya. Dalam kesehariannya Iptu Novita merupakan seorang spripim Kapolri.

“Saya kini bertugas sebagai spripim Kapolri, yaitu unsur pembantu pimpinan dalam hal ini Kapolri dalam menjalankan tugas kedinasan,” ujar lulusan Akpol 2015 itu saat dikonfirmasi Wolipop pada Selasa (26/1/20202) setelah sosoknya viral.

ptu Novita Rindi hadir di gedung DPR karena bertugas sebagai operator dalam penyampaian makalah Jendera Listyo Sigit yang baru saja terpilih sebagai kapolri itu. “Memang itu pekerjaan saya sehari-hari membantu pimpinan. Cuma kemarin mulai kesorot karena ada yang memuji dan langsung menjadi pusat perhatian. Dan ditambah lagi kameranya ke arah saya,” ucap Novita

Awal Karier Sebagai Polwan
Novita, panggilan akrabnya mengawali kariernya di dunia kepolisian setelah lulus SMA. Menjadi polisi wanita (Polwan) merupakan cita-citanya sejak lama. Sejak SMA dia pun aktif menjadi anggota paskibraka agar mendukung cita-citanya tersebut. Sebagai anggota paskibra, dia pernah berprestasi sampai tingkat provinsi.

Namun seiring berjalannya waktu cita-cita Novita menjadi polwan tergoyahkan. Dia pun tertarik mencoba kuliah dan mengikuti tes SNMPTN pada 2011. Pada saat yang sama dia juga mendaftar Akademi Polisi.”Ketika daftar dan saya sudah keterima di Universitas Padjajaran, Bandung. Dan yang akpolnya belum lulus,” kata wanita asal Bandung itu.

Novita mengungkapkan alasannya kenapa dia tetap mendaftar masuk Akpol. “Saya berunding dengan kedua orangtua. Kalau terpisah, uang semesteran, biaya hidupnya bagaimana? Dan ada tiga adik-adik saya. Jadi saya berpikir, saya jangan egois. Akhirnya tetap bertahan tes Akpol, walaupun saya belum tahu hasilnya lulus atau tidak,” lanjutnya lagi.

Novita pada akhirnya bukan hanya lulus SNMPTN dan diterima di Unpad. Dia juga lulus tes seleksi masuk Akademi Kepolisian. Ia langsung bernafas lega setelah mengetahui dirinya lulus tes kepolisian. Kedua orangtuanya pun memberikan doa dan tetap mendukung pilihannya.

“Saya diajarkan dari kecil apapun yang terjadi, yang penting kita sudah melakukan yang terbaik. Mau itu hasilnya ternyata gagal ya tidak rezeki. Akan tetapi, kita sudah melakukan hal yang terbaik. Kalau gagal ya memang sudah jalannya, jadi nggak putus asa. Saya sebelumnya sudah ikhlas jalanin semuanya. Alhamdulillah terbayarkan dan juga langsung lulus,” kenang Novita.

Prestasi Iptu Novita Rindi

Iptu Novita lulus dari Akademi Kepolisian pada 2015. Dia kemudian melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) pada 2018 hingga 2019. Sederet gelar kini sudah disandang di belakang namanya. Dia merupakan Sarjana Terapan Kepolisian, Sarjana Ilmu Kepolisian da Magister hukum.

Sebagai seorang polisi wanita, Novita memiliki sederet prestasi inspiratif. Dia merupakan Polisi Teladan Polres Majalengka Polda Jabar Tahun 2018, menjadi tim Brigade Motor Mojang Lodaya di Jawa Barat 2016, masuk 100 Besar Kompetisi Paper Internasional di Rusia tahun 2019. Dan terbaru menjadi salah satu personel yang membantu Kepolisian Hungaria dalam mengekstradisi buronan Interpol Andras Pucher pada 2020.

Dari deretan prestasinya itu, satu yang berkesan untuknya adalah saat menjadi 100 orang yang terpilih dalam kompetisi Paper Internasional di Rusia tahun 2019. “”Saya ke Rusia ikut konferensi paper. Hnya 100 orang yang dihubungi lewat E-mail. Mereka meminta paper kita untuk dipublikasikan ke dunia internasional. Dan saya yang termasuk mendapatkannya,” ujarnya.

Leave a reply "Keren, Ini Prestasi Iptu Novita Rindi yang Viral Dampingi Kapolri Tes di DPR"

Author: 
author