Karakteristik Generasi Millenial sebagai Mahasiswa

86 views

Generasi millenial adalah generasi Y yang lahir pada rentang tahun 1980 hingga 1995. Karakteristik generasi millenial ini tentu saja berbeda dengan generasi sebelumnya (gen x) dan generasi sesudahnya (gen z).

Rentang usia generasi millenial di tahun 2020 diperkirakan rata-rata 25 hingga 40 tahun. Apakah Pinters termasuk rentang usia ini? Perhatikan karakteristik khususnya.

Secara umum generasi millenial ini hidup di era teknologi. Walaupun belum sedekat generasi Z, tetapi umumnya anak millenial sudah cukup aman dari risiko kata gaptek.

Di satu sisi, tren, selera dan skill yang dibutuhkan pun sudah berbeda, sesuai dengan kebutuhan perkembangan zaman. Jika menjadi mahasiswa misalnya, karakteristiknya pun cukup khas dengan kebutuhan skill khusus.

Karakteristik Generasi Millennial, Apa Saja?

Tahukah kamu Pinters, berbeda dengan generasi sebelumnya, kehidupan generasi millenial tampak lebih fleksibel dan identik dengan teknologi. Secara khusus karakternya sebagai berikut:

1. Lebih Menyukai Entrepreneur
IDN Research Institute dan Alvara Research Center melakukan survey tentang minat generasi millenial untuk melakukan wirausaha. Hasilnya, tujuh dari sepuluh milenial memilih berbisnis dibandingkan bekerja pada orang lain.

Hal ini juga terlihat pada mereka yang masih berstatus mahasiswa saat ini. Kecenderungan untuk membangun usaha sendiri tampak lebih dominan dibandingkan kerja dengan pihak lain.

Penelitian serupa yang dilakukan oleh Sea Group terhadap 14 ribu responden millenial menunjukkan hasil senada.
Sebanyak 24 persen mengaku ingin punya bisnis sendiri, 16,5 persen mengatakan ingin melanjutkan bisnis keluarga, 3,2 persen ingin bekerja di startup, dan sebanyak 17 persen ingin bekerja pada pemerintah.

2. Lebih Dekat dengan Sosial Media
Boston Consulting Group (BCG) bekerjasama dengan University of Berkley tahun 2011 di Amerika Serikat menyebutkan beberapa kriteria generasi millenial yang ada di negara tersebut.

Salah satunya adalah generasi millenial menjadikan sosial media sebagai sarana informasi dan komunikasi.

Kecenderungan membaca secara konvensional menurun dan beralih ke platform digital sebagai sumber bacaan. Selain itu, generasi ini juga lebih memilih ponsel mereka dibanding televisi.

Tren ini juga terlihat di kalangan mahasiswa millenial. Sosial media menjadi pusat informasi dan komunikasi yang sangat kuat, mendukung aktivitas kuliah dan kehidupan sehari-hari.

3. Kreatif, Inovatif dan Informatif
Youth Lab sebagai salah satu lembaga studi tentang anak muda di Indonesia melakukan riset terhadap generasi millenial yang ada di kota-kota besar di Indonesia yakni Medan, Malang, Bandung, Jakarta, dan Makassar.

Hasilnya menunjukkan generasi millenial memiliki karakter yang lebih kreatif, inovatif dan informatif. Kalangan mahasiswa dalam rentang usia milenial saat ini juga memiliki karakter yang serupa.

Cara belajar yang lebih kreatif, inovatif dan informatif dibutuhkan untuk menjawab kebutuhan karakter tersebut. Aktivitas kerja dan kegiatannya juga memiliki ciri yang serupa.

Tags: #milenial