Harus Produktif 5 Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk Mahasiswa

66 views

Jangan ikut-ikutan kebiasaan yang negatif. Petuah tersebut sangat cocok diterapkan untuk para mahasiswa agar bisa lebih produktif di kampus. Sayangnya, tak sedikit mahasiswa yang merasa kesulitan untuk mengetahui cara-cara menghilangkan kebiasaan buruk supaya tidak terjebak seperti mahasiswa kebanyakan.

Ada banyak contoh kebiasaan buruk yang kerap dilakukan mahasiswa. Jika mahasiswa kebanyakan melakukan sejumlah kebiasaan buruk, Pinters wajib tampil beda dan bisa menunjukan suatu kebiasaan baik

Kebiasaan Buruk Mahasiswa dan Cara Merubahnya

Sebenarnya memiliki kebiasaan buruk adalah suatu hal yang wajar. Hampir semua orang pasti memiliki sejumlah kebiasaan buruk.

Namun, kamu jangan sampai terlena dan membiarkan kebiasaan buruk tersebut mengakar semakin kuat. Jika dibiarkan, hal tersebut bisa jadi penghalang kesuksesanmu kelak.

Nah, berikut ini adalah beberapa contoh kebiasaan buruk yang kerap dilakukan oleh mahasiswa dan bagaimana cara merubah hal tersebut.

1. Kerap Bangun Kesiangan Karena Begadang
Kebiasaan ini cukup lazim terjadi pada mahasiswa yang tinggal sendiri. Terbiasa dibangunkan orang tua ketika sekolah, setelah kuliah harus bangun sendiri rasanya pasti susah sekali.

Jika sudah bangun kesiangan, jadwal seharian pasti berantakan. Kuliah jadi terlambat, bahkan tak sedikit pula yang kemudian memutuskan bolos kuliah karena sudah terlalu terlambat.

Terlambat memang sudah jadi kebiasaan buruk orang Indonesia secara umum. Tapi kamu jangan sampai menganggap hal ini biasa kemudian tidak serius memperbaiki diri.

Penyebab umum masalah ini biasanya karena tidur terlalu larut atau begadang. Begadang sebenarnya sah-sah saja jika memang ada kebutuhannya. Sayangnya mahasiswa kerap begadang hanya karena ingin main-main saja dan hal ini jadi kebiasaan buruk sehari-hari para mahasiswa.

2. Mengerjakan Tugas Kerap Ditunda-tunda
Diberi tugas jangka waktunya satu minggu, tapi baru dikerjakan satu hari sebelumnya. Hal-hal semacam ini jugalah yang kerap mengakibatkan mahasiswa jadi harus begadang.

Padahal jika mau langsung mengerjakan dan mengoptimalkan jatah waktu yang diberikan, pasti bakal lebih ringan. Tugas yang dikerjakan terlalu mepet pasti juga tidak optimal hasilnya.

Cara mengatasinya:

Memanfaatkan jangka waktu yang diberikan dosen untuk mengerjakan tugas. Gunakan manajemen waktu secara tepat.
Cicil pengerjaan tugas agar bebannya lebih ringan.
Biasakan untuk mengulas materi kuliah setiap hari. Dengan demikian, saat ada tugas bisa segera diketahui dan bisa langsung dieksekusi.
3. Titip Absen
Hal ini sepertinya sudah jadi budaya yang diwajarkan. Memanipulasi absen supaya tercatat hadir padahal bolos.

Pinters seharusnya bisa menyadari bahwa hal ini sebenarnya merugikan diri sendiri. Kamu sudah mahal-mahal bayar kuliah, tapi pembelajaran dari kampus dilewatkan.

Cara mengatasinya:

Prioritaskan kuliah, hindari acara-acara tidak penting yang mengganggu jadwal kuliah.
Jangan mudah terhasut teman yang mengajak bolos.
Usahakan selalu bangun tepat waktu supaya tetap bisa mengejar jadwal kuliah.

4. Boros
Rata-rata mahasiswa belum memiliki penghasilan dan masih mengandalkan uang kiriman dari orang tua. Seringnya, uang kiriman orang tua yang seharusnya cukup untuk satu bulan sudah habis di awal-awal bulan untuk foya-foya.

Alhasil, memasuki akhir bulan keuangan sudah tidak aman. Berutang pada teman jadi andalan.

Cara mengatasinya:

Belajar cara mengelola uang. Menyusun pos-pos kebutuhan dan biasakan untuk mencatat setiap pengeluaran.
Jangan termakan gengsi. Kurangi nongkrong di cafe mahal, berbelanja hal-hal tersier, dll.
Mencari penghasilan tambahan baik itu dengan berbisnis atau kerja sambilan untuk mendukung kebutuhan lifestyle

5. Tidak Aktif Saat Kerja Kelompok
Pinters pasti kesal jika ada teman dalam satu kelompok yang pasif dan tidak berkontribusi banyak pada tugas kelompok. Nah, kamu jangan jadi orang semacam ini yah. Tidak hanya dianggap menyebalkan oleh teman satu kelompok, kamu juga tidak akan belajar apa-apa dari setiap tugas yang diberikan.

Cara mengatasinya:

Dorong diri sendiri untuk terus berkontribusi pada tugas kelompok.
Pelajari materi atau referensi penunjang yang berkaitan dengan tugas yang diberikan.
Berkomunikasi dengan sesama anggota kelompok dari situ kamu pasti bisa mendapatkan peran yang cocok.

Leave a reply "Harus Produktif 5 Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk Mahasiswa"

Author: 
author