Cara Berkomunikasi yang Baik, Mahasiswa Wajib Dipelajari

89 views

Pinters sudah jadi mahasiswa? Saatnya untuk kamu lebih mengembagkan diri. Selain mendalami bidang studi yang sudah kamu pilih di perkuliahan, cara berkomunikasi yang baik juga wajib untuk kamu kuasai.

Lingkunganmu di kampus nantinya akan sangat majemuk. Kamu bisa bertemu dengan banyak orang dari berbagai latar belakang. Jika tidak bisa berkomunikasi dengan efektif, kamu pasti akan sulit bergaul dan jadi terasing.

Selama menjadi mahasiswa adalah kesempatanmu untuk mengasah kemampuan berkomunikasi. Jika kemampuan berkomunikasimu sudah cukup baik, kamu akan lebih mudah menyesuaikan diri saat bekerja nantinya.

Tips Komunikasi yang Efektif

Komunikasi yang baik adalah suatu komunikasi yang bisa berjalan secara efektif. Keefektifan komunikasi dipengaruhi oleh proses komunikasi yang terjadi. Kamu perlu memahami teknik komunikasi efektif supaya proses berkomunikasi yang kamu lakukan berjalan dengan efektif dan memberi kesan yang baik.

1. Berbicara dengan Baik
Supaya informasi bisa tersampaikan dengan baik, kamu harus bisa berbicara dengan baik.

Secara teori, cara berbicara yang baik cukup sederhana. Kamu hanya perlu melafalkan kata-kata dengan jelas, berbicara tidak terlalu cepat atau lambat, intonasi yang lebih dinamis, memilih kata-kata yang sesuai, dll.

Namun, pada prakteknya hal tersebut tidaklah sesederhana itu. Butuh pengalaman dan pembelajaran yang mendalam supaya bisa menerapkan teknik komunikasi efektif secara optimal.

2. Diam, Simak, dan Dengarkan dengan Seksama
Komunikasi bukan sekedar tentang berbicara, tapi juga mendengarkan. Mendengarkan tidak kalah sulitnya dengan berbicara.

Saat mendengarkan, kamu sedang mencerna informasi yang disampaikan lawan bicara. Tanggapan yang kamu keluarkan nantinya sangat dipengaruhi oleh seberapa efektif kamu saat mendengarkan.

Kurangi kebiasaan memotong pembicaraan. Selain karena tidak sopan, hal tersebut bisa mengurangi menghambatmu mencerna informasi secara utuh sehingga tidak bisa menanggapi dengan semestinya.

Maka dari itu, kamu harus membiasakan diri untuk menyimak dengan baik saat seseorang sedang berbicara. Dengarkan dengan seksama hingga tuntas supaya kamu bisa mengerti apa yang dimaksud.

3. Sesuaikan dengan Konteks
Berbicara dengan seseorang yang tidak nyambung rasanya tentu tidak menyenangkan. Maka dari itu, saat menjalin komunikasi dengan seseorang, usahakan untuk tetap sesuai dengan konteks tema perbincangannya.

Jika ingin bergeser tema perbincangan, lakukan juga secara smooth supaya tidak terasa cringe.

4. Gestur Tubuh
Saat berbicara dengan seseorang, kamu perlu memperhatikan gestur tubuh lawan bicara. Gestur tubuh bisa menunjukan pemikiran dan perasaan dari lawan bicara. Jika terdapat gestur yang kurang nyaman, lebih baik kamu skip dari hal yang sedang kamu bahas.

Kamu juga perlu memperhatikan gestur tubuhmu sendiri saat sedang berbicara pada seseorang. Tataplah mata lawan bicara sebagai tanda bahwa kamu tertarik dengan komunikasi yang terjadi. Tunjukan senyuman, dan berekspresilah secara tepat.

5. Menyisipkan Humor
Supaya perbincangan menjadi cair, kamu bisa juga menyisipkan humor. Tidak perlu humor yang terlalu berat atau lelucon yang terlalu konyol.

Gurauan sederhana bisa membuat perbincangan menjadi lebih menyenangkan jika kamu mengeluarkannya dengan tepat.

Sekarang di sosial media ada banyak sekali meme dan lelucon yang disebarluaskan. Kamu bisa menambah perbendaharaan humormu dari situ.

Leave a reply "Cara Berkomunikasi yang Baik, Mahasiswa Wajib Dipelajari"

Author: 
author