Hotman Paris Bongkar Kejanggalan Raib Dana Nasabah Maybank Rp 22 Miliar

132 views


Pengacara kondang Hotman Paris turun gunung membela Maybank atas kasus raibnya uang milik atlet eSport Winda Lunardi dan ibunya. Hotman ditunjuk sebagai kuasa hukum Maybank untuk mengawal kasus tersebut.Dirinya pun membeberkan sejumlah kejanggalan dalam kasus tersebut. Pertama, dia mengungkap Kepala cabang (Kacab) Maybank Cipulir, Albert yang menilap uang Winda selama ini memegang ATM dan buku tabungan Winda.

Hal itu berdasarkan pengakuan tersangka, yakni Albert dalam berita acara pemeriksaan (BAP) yang sudah dilakukan oleh pihak kepolisian.

“Jadi dari keterangan tadi, sejak dibuka buku tabungan ini oleh Winda buku tabungannya dan kartu ATM-nya, katanya menurut pengakuan dari si tersangka yang pegang si tersangka. Pertanyaannya adalah Anda sebagai pemilik uang kenapa Anda biarkan kartu ATM Anda dipegang orang lain? Itu salah satu yang lagi diselidiki oleh penyidik,” kata Hotman dalam konferensi pers di Kawasan Pluit, Jakarta, Senin (9/11/2020).

“Kenapa sejak awal kartu ATM-nya tidak diambil tapi tetap dipegang oleh si pimpinan cabang karena menurut pengakuan, yang mengaku itu si A pimpinan cabangnya. Jadi sampai hari ini dia (Winda) belum pernah ambil buku tabungan dan kartu ATM-nya pun tidak pernah diambil. Tapi menurut pimpinan cabang ada sama dia,” paparnya.

Pada kesempatan itu, Head of Financial Crime Compliance and National Anti-Fraud Maybank Indonesia, Nehemia Andiko menjelaskan bahwa si nasabah sudah melakukan serah terima buku tabungan dan kartu ATM.

Dia juga menjelaskan selama ini si nasabah tidak pernah mempermasalahkan buku tabungan dan kartu ATM miliknya dipegang oleh si kepala cabang. Dia pun mengendus aliran uang dari rekening Winda ke sejumlah tempat. Baca di halaman selanjutnya.

Hotman Paris bersama manajemen Maybank mengungkap aliran dana dari rekening Winda sebesar Rp 6 miliar ke beberapa tempat.

“Katanya ada Rp 6 miliar keluar duit, ke mana? benar nggak itu?” kata Hotman.”Ada aliran dana dari rekening Winda ke Prudential (nilainya) Rp 6 miliar (penggunaannya) untuk pembelian polis (atas nama) Winda,” kata Andiko menjawab pertanyaan Hotman.

“Kemudian di bulan berikutnya ada uang masuk dari Prudential ke rekening ayahnya (berjumlah) Rp 4,8 miliar,” lanjut Andiko.

Andiko menjelaskan hal itu terungkap berdasarkan penelusuran mutasi rekening pihak yang bersangkutan.

“Tadi kan Rp 6 miliar dari rekening pribadi si W (Winda), tapi hanya hitungan 1 bulan uang itu kembali lagi dari Prudential tapi masuknya ke rekening ayahnya Herman Gunardi,” Hotman menambahkan.

Pembayaran bunga tabungan juga tidak wajar. Penjelasannya di halaman selanjutnya.

Hotman menjelaskan selama menabung di bank tersebut, Winda malah menerima bunga dari orang lain dan jumlahnya lebih kecil dari yang seharusnya.Hotman heran lantaran si nasabah tidak pernah mempermasalahkan hal tersebut. Hal itu terungkap dari pernyataan hak jawab yang disampaikan oleh Head of Financial Crime Compliance and National Anti-Fraud Maybank Indonesia, Nehemia Andiko.Tak sampai di situ, nasabah atas nama Winda pun menerima jumlah bunga lebih kecil, yakni Rp 576 juta.

“Anda (Andiko) tadi katakan bunganya 7%. Dengan bunga segitu untuk periode 2014 sampai 2016 karena katanya akhir 2016 uang itu raib. Berapa jumlah yang dibayarkan oleh si A (tersangka) ke rekening bapak nya yang dianggap sebagai bunga?” ujar Hotman.

“(Bunga yang dibayarkan) Rp 576 juta. (Jika bunga 7%) harusnya Rp 1,2 miliar,” sebut Andiko.

Hotman pun bertanya apakah terkait hal di atas, si nasabah melakukan protes? Andiko menjelaskan selama ini tidak pernah ada protes dari Winda.

Tags: #22m #hotmanparis #Maybank

Leave a reply "Hotman Paris Bongkar Kejanggalan Raib Dana Nasabah Maybank Rp 22 Miliar"

Author: 
author