Jangan Langsung Panik, Inilah 6 Manfaat dari Tangisan Bayi

252 views

1. Sebagai Cara berkomunikasi dengan Orangtua

Lantaran bayi belum bisa berkomunikasi dengan orangtuanya, menangis adalah satu-satunya cara bagi si kecil untuk mengungkapkan apa yang ia inginkan.Seiring berjalannya waktu, orangtua akan bisa memahami jenis tangisan bayi yang memiliki makna berbeda-beda. Ada tangisan karena lapar dan meminta ASI, ada tangisan karena tidak nyaman atau kedinginan, bahkan tangisan karena popok yang sudah penuh.Biasanya bayi juga memiliki jenis tangisan tersendiri untuk menunjukkan rasa sakit yang tiba-tiba ia rasakan.

2. Membuat Kenyamanan bagi Bayi

Saat bayi menangis, biasanya ibunya akan segera memeluk dan menenangkannya. Hal inilah yang akan memicu perasaan  ketenangan dan keamanan pada buah hati. Menangis sudah menjadi cara bayi untuk meminta perhatian dari orangtua dan mendapatkan kenyamanan yang menyenangkan.

3. Untuk Peregangan Otot, Jadi Manfaat Bayi Menangis

Saat bayi menangis, banyak otot lengan punggung dan wajah berkontraksi seiring dengan gerakan tangisannya. Hal ini ini bisa bermanfaat baik dalam jangka waktu tertentu.Akan tetapi, jangan pula biarkan bayi menangis terlalu lama. Orangtua mesti membuat bayi merasa aman dan nyaman di awal kehidupannya.

4. Pereda Stres dan Emosional

Menangis bisa membantu bayi mengurangi beban emosional di dalam dirinya. Jika si kecil menangis itu berarti ia ingin menarik perhatian orangtuanya dan mencoba mengajak bertukar pikiran, sehingga si kecil bisa mengerti dan tangisannya bisa segera reda.

5. Membantu Proses Pernapasan sebagai Salah Satu Manfaat Bayi Menangis

Menangis memiliki peran vital bagi bayi yang baru dilahirkan. Tangisan pertama bayi setelah dilahirkan menjadi tanda bahwa sistem pernapasannya sudah bekerja dengan baik. Ketika bayi menangis, ia membuka paru-parunya untuk menghirup udara dan membantu pernapasan.

6. Membantu Bayi Tertidur

Menurut beberapa sumber, menangis bagi bayi dapat membantunya untuk tertidur dengan lebih baik. Studi menunjukkan bahwa tangisan dengan kadar yang normal mampu menambah jumlah waktu tidur bayi. Tangisan yang digunakan untuk membantu bayi tertidur juga telah dibuktikan tidak menambah tingkat stres pada bayi.

Cara Mendiamkan Anak Menangis

Mesekipun memangis membawa sejumlah manfaat yang sudah disebutkan di atas, tentunya orangtua tidak boleh membiarkan anak menangis terlalu lama. Simak tips di bawah ini untuk menghadapi anak yang menangis.

1. Memeriksa Kebutuhan Dasarnya

Jika bayi menangis, coba periksa kebutuhan dasarnya seperti popoknya penuh atau tidak, lapar atau tidak, sedang kedinginan atau malah kepanasan dan merasa gerah setengah mati. Parents mesti memeriksa kondisi tubuhnya saat bayi mulai menangis karena tangisan merupakan cara ia meminta sesuatu dari orangtuanya.

2. Membuat Suara yang Menyenangkan

Saat bayi menangis, Parents bisa memainkan atau membuat suara yang menyenangkan, seperti menciptakan suara white noise untuk menenangkan bayi. Suara white noise dapat Parents ciptakan dengan menggumamkan “ssshh” secara teratur.Selain itu, Parents juga bisa menempelkan bayi di dada sehingga ia mendengarkan suara jantung orangtuanya yang berdetak secara beraturan, mendengarkan suara rintik hujan, atau suara lembut sebagai pengantar tidurnya.

3. Mengayunkan Bayi

Gerakan berirama seperti mengayunkan bayi bisa membuatnya sedikit tenang. Parents bisa mengayunkan bayi sambil digendong, duduk di kursi goyang, atau meletakkannya di ayunan khusus. Sambil mengayunkan bayi, sebaiknya Parents menyanyikan lagu dengan suara yang lembut.Setelah mengetahui manfaat bayi menangis, kini Parents bisa menghadapi tengisan si kecil dengan lebih bijaksana. Memang, sih, ketika menjadi orangtua baru, tangisan anak-anak bisa membuat begitu panik, tetapi perlahan orangtua akan lebih bisa memahami maksud dari tangisan buah hatinya sendiri.

Leave a reply "Jangan Langsung Panik, Inilah 6 Manfaat dari Tangisan Bayi"

Author: 
author