Cocok untuk Diet! Inilah Manfaat Tomat yang Bisa Anda Dapat

156 views


Kaya vitamin
Bersumber dari Health.com, 40% kebutuhan vitamin C harian Anda bisa terpenuhi dengan mengonsumsi sebuah tomat. Selain itu, tomat mengandung banyak vitamin A, vitamin K, dan potasium. Artinya, indra penglihatan, sistem imun tubuh, dan kesehatan kulit bisaterjaga. Fungsi jantung, kekuatan tulang dan otot, tekanan darah, serta keseimbangan cairan tubuh juga bisa menjadi lebih baik karena tomat.

Menjaga kesehatan jantung
Manfaat tomat juga bisa dirasakan bagi Anda yang mengalami penyakit jantung. Tomat mengandung antioksidan yang bernama likopen.Memperbanyak jumlah likopen dalam darah akan menurunkan resiko kematian akibat sindrom metabolis yang berkaitan dengan kesehatan jantung.

Memperbaiki pencernaan
Apakah Anda sedang mengalami sembelit? Jika iya, maka masalah itu bisa diatasi dengan banyak mengonsumsi tomat. Mengutip dari Health.com, dalam sebuah tomat besar, terdapat 6 ons cairan dan 1,5 gram serat.Namun, konsumsi tomat perlu diperhatikan, apalagi bagi penderita GERD. Rasa asam dari tomat dapat meningkatkan asam lambung yang mampu memperparah kondisi kesehatan Anda.

Cocok untuk penderita diabetes
Manfaat tomat selanjutnya cocok diaplikasikan oleh penderita diabetes. Dalam sebuah penelitian, penderita diabetes yang mengonsumsi tomat secara rutin selama 30 hari mengalami penurunan peroksidasi lipid. Peroksidasi lipid adalah proses di mana radikal bebas menyerang lemak sehingga kesehatan jantung bisa terancam. Hal ini perlu Anda perhatikan karena diabetes meningkatkan resiko stroke dan serangan jantung hingga dua kali lipat.

Menjaga kesehatan kulit

Kulit yang rusak akibat paparan sinar matahari bisa diatasi dengan gabungan tomat dan minyak zaitun. Kedua bahan itu akan menstimulus produksi prokolagen yang mampu membuat kulit menjadi lembut dan awet muda.Health mengatakan bahwa manfaat tomat tersebut berasal dari likopen. Sedangkan minyak zaitun berfungsi untuk meningkatkan daya penyerapan likopen ke aliran darah.

Leave a reply "Cocok untuk Diet! Inilah Manfaat Tomat yang Bisa Anda Dapat"

Author: 
author