Catat! Inilah Pantangan Asam Urat yang Perlu Anda Waspadai

83 views

Ada banyak pantangan asam urat yang perlu Anda perhatikan. Salah satunya adalah memerhatikan makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Jangan sampai makanan tinggi purin berikut Anda konsumsi terlalu banyak karena bisa membuat asam urat semakin parah. Setelah makanan yang mengandung purin dikonsumsi, tubuh akan memecahnya menjadi asam urat. Bersumber dari Creakyjoints.org, makanan dengan purin tinggi hanya menyumbang 15% dari jumlah keseluruhan asam urat dalam tubuh. Gen berperan penting dalam banyaknya asam urat dalam tubuh seseorang. Meski demikian, menghindari jenis makanan yang jadi pantangan asam urat berikut tetap penting untuk Anda lakukan:

Minuman ringan
Menurut Creakyjoints.org, minuman ringan atau soft drink adalah pantangan asam urat lainnya yang perlu Anda perhatikan. Mengonsumsi minuman dengan kandungan fruktosa tinggi bisa meningkatkan risiko encok atau asam urat. Salah satu penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal BMJ membuktikan hal itu. Seseorang yang mengonsumsi lebih dari dua porsi soda tiap hari 85% lebih berisiko mengalami asam urat daripada mereka yang mengonsumsi kurang dari satu porsi soda tiap bulan.

Seafood
Anda perlu menghindari beberapa jenis seafood atau hidangan laut yang mengandung banyak purin. Misalnya, ikan teri, kepiting, udang, dan ikan sarden. Sebuah penelitian dari Vanderbilt University Medical Center di Nashville membuktikan hal tersebut. Menurut penelitian, seseorang yang mengonsumsi terlalu banyak seafood dengan purin tinggi berpotensi 50% lebih tinggi terkena asam urat. Jika Anda terpaksa mengonsumsi seafood yang mengandung banyak purin, coba seimbangkan dengan brokoli atau lemon.

Jeroan
Pantangan asam urat lainnya adalah jeroan. Sebaiknya, ganti konsumsi jeroan dengan jenis makanan lain yang mengandung sedikit purin. Contohnya, daging unggas, daging sapi, jamur, atau kacang kenari. Namun, pastikan untuk tetap tidak berlebihan saat mengonsumsinya, ya.

Leave a reply "Catat! Inilah Pantangan Asam Urat yang Perlu Anda Waspadai"

Author: 
author