Ketahui Sejak Dini Penyebab Hipertiroid Hingga Cirinya yang Jarang Disadari

Penyebab hipertiroid tak banyak yang mengetahuinya. Secara umum, kebanyakan orang hanya mengetahui beberapa gejala yang terjadi pada penderita penyakit hipertiroid seperti munculnya keringat berlebih pada area tubuh tertentu.

Kondisi hormon tiroid yang mengalami gangguan tersebut sebenarnya merupakan penyebab utama dari penyakit hipertiroid tersebut. Namun nyatanya kondisi tersebut juga dapat disebabkan oleh berbagai faktor lainnya.

Rupanya penyakit yang secara langsung melibatkan hormon tiroid tersebut memiliki banyak gejala dan penyebabnya. Meski tergolong ke dalam jenis penyakit yang ringan, namun hipertiroid disebut dapat menyebabkan komplikasi apabila tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Lalu apa saja sebenarnya penyebab hipertiroid dan cirinya yang perlu diketahui tersebut? Simak penjelasan selengkapnya yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

Pengertian
Sebelum memahami penyebab hipertiroid hingga ciri-cirinya, tak ada salahnya bagi Anda untuk mengetahui definisi dari jenis penyakit yang satu ini. Pada umumnya, hipertiroid merupakan sebuah kondisi tubuh di mana terjadi gangguan pada hormon tiroid yang terlalu aktif melebihi fungsi normalnya pada tubuh manusia.

Hal ini dapat terjadi pada siapa saja, sebab hormon tiroid tersebut tidak dapat dilepaskan dari komponen sistem metabolisme yang ada pada tubuh untuk mengeluarkan berbagai zat beracun. Sementara itu, kelenjar tiroid sebagai penghasil hormon tiroid berperan secara spesifik untuk memengaruhi tiap sel dan organ untuk membantu melancarkan sistem metabolisme tubuh.

Seiring terjadinya gangguan pada kelenjar tiroid tersebut, maka berbagai akibat pun juga semakin nampak bermunculan. Salah satunya yakni dengan membesarnya kelenjar tiroid yang terletak pada bagian leher. Hal ini merupakan ciri umum yang seringkali dapat diamati dari munculnya penyebab hipertiroid.

Penyebab Hipertiroid
Salah satu hal yang memicu penyakit hipertiroid adalah adanya pembengkakan kelenjar tiroid pada bagian leher. Namun, tentu saja kondisi kesehatan tersebut juga terjadi lantaran adanya beberapa penyebab hipertiroid yang muncul di dalam tubuh. Beberapa gangguan kesehatan sebagai penyebab hipertiroid tersebut antara lain yaitu:

1. Faktor Genetik

Penyebab hipertiroid yang pertama adalah faktor genetik. Saat anggota keluarga memiliki riwayat penyakit hipertiroid, maka hal ini berisiko untuk dapat diturunkan kepada keturunan selanjutnya. Penyebab hipertiroid yang satu ini tidak dapat dihindari saat salah satu anggota keluarga pernah menderita jenis penyakit ini.

2. Peradangan Kelenjar Tiroid

Kondisi yang seringkali disebut sebagai tiroiditis ini juga merupakan salah satu penyebab hipertiroid. Saat kelenjar tiroid mengalami inflamasi, maka fungsinya pun akan semakin meningkat untuk mengimbangi kondisi kelenjar tiroid yang tengah mengalami peradangan.

3. Kekurangan Yodium

Bukan hanya dapat mengakibatkan gondok, kekurangan zat yodium pun diklaim dapat menyebabkan penyakit hipertiroid. Menebalnya kelenjar tiroid merupakan kondisi yang tepat untuk mengeluarkan hormon tiroid dalam jumlah berlebihan.

4. Penyakit Autoimun
Penyebab hipertiroid selanjutnya adalah penyakit autoimun. Saat seseorang terjangkit penyakit autoimun, maka sistem kekebalan tubuhnya pun juga dapat mengalami gangguan. Saat itu, biasanya kelenjar tiroid akan berfungsi secara tidak optimal.

5. Pasca Melahirkan

Saat ibu hamil usai menjalani proses persalinan, biasanya seluruh hormon yang terdapat di dalam tubuh juga akan mengalami penyesuaian kembali. Pada saat itu, hormon tiroid yang secara umumnya terletak di bagian leher tersebut juga akan mengalami gangguan hingga menyebabkan penyakit hipertiroid.

Ciri-ciri Hipertiroid
Pada umumnya, hipertiroid cukup dikenali dari ciri-cirinya yang paling utama yakni adanya pembengkakan pada kelenjar tiroid pada bagian leher. Namun, sebenarnya hipertiroid juga memberikan dampak yang signifikan pada kesehatan anggota tubuh lainnya. Berikut ciri-ciri hipertiroid yang dapat diamati secara langsung pada penderitanya:

1. Peningkatan Nafsu Makan

Biasanya, penderita hipertiroid akan mengalami peningkatan nafsu makan. Namun, hal ini tidak akan memberikan dampak secara signifikan pada tubuh.

2. Penurunan Berat Badan

Meski penderita penyakit hipertiroid mengalami peningkatan nafsu makan, namun hal ini tidak berdampak secara langsung pada berat badan. Bahkan, penderita hipertiroid justru akan mengalami penurunan berat badan secara drastis.

3. Jantung Berdebar

Ciri-ciri lainnya dari penyakit hipertirod adalah seringnya terjadi palpitasi jantung. Kondisi ini mengakibatkan penderita mengalami jantung yang berdebar meski tak melakukan aktivitas berat.

4. Keringat Berlebih

Ciri utama yang ditunjukkan oleh penderita penyakit hipertiroid adalah munculnya keringat berlebih. Biasanya, penderita akan mengalami keringat berlebih pada bagian tertentu seperti lipatan kaki hingga telapak tangan.

5. Lebih Tahan Suhu Dingin

Selain itu, penyakit hipertiroid juga akan mengakibatkan tubuh sang penderita jauh lebih tahan pada suhu dingin. Berbeda dengan penyakit hipotiroid yang justru tak tahan dengan suhu dingin.

6. Rasa Gugup Berlebih

Saat penderita mengalami keringat berlebih, biasanya mereka juga akan menunjukkan gejala yang mirip dengan rasa gugup. Hal ini dapat semakin parah saat penderita biasanya berhadapan langsung dengan situasi yang tidak menentu.

7. Kelelahan

Ciri terakhir dari penyakit hipertiroid adalah kelelahan yang seringkali dirasakan meski tak melakukan aktivitas berat. Hal ini terjadi lantaran kelenjar tiroid yang memiliki peran pada sistem metabolisme bekerja secara berlebihan.

Leave a reply "Ketahui Sejak Dini Penyebab Hipertiroid Hingga Cirinya yang Jarang Disadari"

Author: 
author