Seperti Inilah.. Hypophrenia, Gangguan Mental yang Membuat Seseorang Menangis Tanpa Alasan

Kamus psikologi referensi Oxford mendefinisikan hypophrenia adalah gangguan mental atau bentuk dari disabilitas intelektual. Orang dengan disabilitas intelektual, memiliki kesulitan dalam fungsi intelektual dan fungsi adapifnya, yang meliputi kehidupan sosial dan keterampilan praktis.Namun, definisi tersebut tidak menggambarkan secara langsung gejala yang dialami oleh penderita hypophrenia. Dalam bidang psikologi, hypophrenia termasuk dalam kelompok gangguan mental yang unik.
Gejala hypophrenia
Penderita hypophrenia mengalami gangguan di bagian otak yang berkaitan dengan emosionalnya. Kondisi ini menyebabkan mereka kerap merasa sedih dan menangis tanpa sebab yang jelas.Kesedihan ini bahkan dapat membuat penderita hypophrenia memiliki gangguan fungsi sosial, seperti tidak ingin atau tidak dapat bersosialisasi atau melakukan kewajiban pekerjaannya.Rasa sedih dan berduka pada penderita hypophrenia dapat datang tiba-tiba tanpa alasan. Emosi yang muncul dapat dalam bentuk yang sangat kuat sehingga bisa mengalihkan seluruh perhatian penderita gangguan mental ini dari aktivitas yang sedang dikerjakan.Kesedihan mendalam tersebut bisa membuat penderitanya banyak pikiran, berduka, hingga menjadi malas atau tidak bergairah. Tidak jarang kesedihan tanpa alasan itu juga menghancurkan perasaan dan membuat mereka tiba-tiba menangis. Padahal, penderita hypophrenia tidak tahu pasti dari mana kesedihan itu datang.Bersedih tanpa alasan yang jelas lama-kelamaan akan terasa melelahkan. Apalagi saat mencoba menerka-nerka apa penyebab kesedihan tersebut.
Penyebab hypophrenia
Otak menyimpan banyak sekali informasi dan ingatan, termasuk peristiwa duka atau yang membuat sedih di masa lalu. Pengalaman menyedihkan tersebut tersimpan di pikiran bawah sadar.Pemicu hypophrenia adalah rangsangan audio atau visual yang mungkin berkaitan dengan pengalaman buruk di masa lalu yang diingat tubuh tanpa sadar. Beberapa dari momen tersebut, kita tidak menyadari peristiwa yang bisa diingat, tetapi tubuh kita bisa merasakannya dan rasa sedih tersebut dapat muncul.

Leave a reply "Seperti Inilah.. Hypophrenia, Gangguan Mental yang Membuat Seseorang Menangis Tanpa Alasan"

Author: 
author