Pahami Gejalanya.! Coulrophobia, Ketakutan Luar Biasa pada Topeng Badut

128 views

Ketakutan pada badut atau topeng badut termasuk salah satu jenis hal yang banyak ditakuti seseorang. Serupa seperti pediophobia yang merupakan ketakutan pada boneka, jika rasa takut sudah tidak rasional bisa jadi merupakan coulrophobia. Jenis phobia spesifik ini dapat melemahkan orang yang mengalaminya.
Kerap kali, phobia adalah respons psikologis yang berakar sangat dalam dengan kejadian traumatis di masa lalu seseorang. Bisa saja ketakutan akan badut ini terjadi karena pernah merasa kaget atau menonton tayangan tertentu tentang badut.

Ciri-ciri coulrophobia
Orang yang mengalami coulrophobia sulit untuk tetap tenang ketika berada dekat dengan badut atau orang yang menggunakan topeng badut. Artinya, acara-acara dengan badut seperti ulang tahun anak-anak, karnaval, sirkus, atau festival lainnya akan menjadi hal yang sebisa mungkin dihindari. Sangatlah berbeda ketakutan akan film dengan tokoh antagonis berupa badut seperti Pennywise the Dancing Clown dalam film IT dengan coulrophobia. Ketakutan pada karakter Pennywise hanya akan terasa saat menonton film dan beberapa saat setelahnya saja.
Namun pada coulrophobia, ketakutan bisa terasa begitu intens hingga menyebabkan tidak bisa beraktivitas.

Selain itu, ciri-ciri lain dari ketakutan ini adalah:

  • Panik
  • Mual
  • Cemas berlebih
  • Keringat dingin
  • Mulut kering
  • Tubuh gemetar
  • Kesulitan bernapas
  • Detak jantung lebih cepat
  • Emosi intens seperti berteriak, menangis, atau sangat marah

Penyebab coulrophobia
Parahnya lagi, para peneliti menemukan bahwa penggambaran badut sebagai karakter negatif yang menakutkan dalam industri hiburan turut berperan dalam terbentuknya coulrophobia. Rasa takut itu menjadi semakin intens karena label yang digambarkan di media.
Beberapa hal yang bisa menjadi pemantik seseorang mengalami coulrophobia di antaranya:
Tayangan menyeramkan Jika dirunut, ada banyak sekali tayangan dengan tokoh utama sosok badut mengerikan. Menonton terlalu banyak film horor dengan karakter antagonis badut pada usia yang masih mudah terpengaruh dapat berdampak jangka panjang. Bahkan, hanya menonton film satu kali saat menginap di rumah teman bisa menjadi pemicu rasa takut kepada boneka hingga dewasa.

Pengalaman traumatis
Sebuah pengalaman dapat dikatakan traumatis ketika terasa bagaikan teror dan membuat tak bisa melarikan diri. Jika pengalaman traumatis ini berkaitan dengan badut, otak dan tubuh akan berusaha sekuat tenaga melarikan diri dari situasi yang melibatkan badut.
Meski tidak selalu, bisa jadi coulrophobia terjadi karena trauma di masa lalu. Tak ada salahnya mendiskusikan kemungkinan ini dengan keluarga, orang terdekat, atau terapis yang membantu proses konseling.

Melihat orang lain
Meski lebih jarang terjadi, coulrophobia juga bisa terjadi karena sering melihat orang lain menunjukkan ketakutan pada topeng badut. Utamanya jika ketakutan itu diperlihatkan oleh orangtua atau saudara yang lebih dewasa. Secara tidak sadar, hal ini seakan mengajarkan bahwa badut memang hal yang layak ditakuti.

Cara mengatasi coulrophobia
Sebagian besar kasus phobia spesifik seperti ini perlu didiagnosis oleh pakar kesehatan mental. Orang yang memiliki coulrophobia perlu melakukan konseling dengan terapis untuk tahu pasti bagaimana ketakutan terhadap badut sampai mengganggu kehidupan pribadi.
Sampaikan dengan detail apa yang terjadi pada tubuh dan pikiran saat melihat badut. Gejala demi gejala dapat membantu dokter mendiagnosis phobia yang dialami.
Beberapa cara menangani coulrophobia adalah:

Psikoterapi
Psikoterapi adalah jenis terapi bicara dengan terapis untuk mendiskusikan tentang rasa cemas, phobia, atau isu kesehatan mental lainnya yang dialami. Untuk coulrophobia, jenis terapi yang dibicarakan umumnya adalah terapi pemaparan dengan perlahan melihat badut dan mencari cara untuk meredakan emosi yang muncul.
Selain itu, ada juga terapi perilaku kognitif untuk mengubah pola pikir terkait badut. Hal ini perlu dilakukan bersama dengan terapis untuk mengubah cara berpikir tentang badut hingga terasa netral dan perlahan berubah menjadi positif.

Pengobatan
Bisa dikombinasikan dengan psikoterapi, dokter juga bisa meresepkan obat seperti beta-blockers agar detak jantung tidak meningkat saat tanpa sengaja berinteraksi dengan badut. Obat ini akan membuat orang dengan coulrophobia menjadi lebih tenang dan rileks saat merasa panik.Selain itu, dokter juga bisa meresepkan obat penenang atau sedative. Jenis obat ini lebih intens dibandingkan dengan beta-blockers dan dapat menyebabkan ketergantungan.

Terapi mandiri
Selain terapi dengan dokter, orang dengan ketakutan ini bisa melakukan teknik relaksasi sendiri. Mulai dari relaksasi, yoga, meditasi, atau teknik pernapasan yang bisa dilakukan kapanpun saat rasa panik muncul.

Leave a reply "Pahami Gejalanya.! Coulrophobia, Ketakutan Luar Biasa pada Topeng Badut"

Author: 
author