Kenali Penyebab dan Gejala Stroke pada Bayi Baru Lahir

32 views

Kebanyakan orang menganggap stroke adalah penyakit yang menyerang orang tua atau lansia. Akan tetapi, bayi baru lahir sebenarnya memiliki risiko stroke yang sama tingginya dengan orang dewasa.Stroke dalam 28 hari pertama kehidupan ternyata banyak tidak disadari orang tua. Terdapat beberapa gejala yang tidak dipahami.

Penyebab Stroke pada Bayi Baru Lahir
Stroke adalah penurunan aliran darah atau berhenti secara tiba-tiba di otak yang cukup parah, sehingga menimbulkan kerusakan pada otak. Ada dua jenis stroke yakni iskemik dan hemoragik.Menurut dr. Adeline Jaclyn, stroke yang paling umum terjadi pada bayi adalah jenis iskemik.

“Penyebab paling umum adalah stroke iskemik yang terjadi saat gumpalan darah menghambat aliran darah ke otak bayi,” jelas dr. Adeline.Stroke iskemik memang terjadi ketika aliran darah ke otak berkurang. Biasanya akibat gumpalan yang disebut trombus di salah satu pembuluh darah di otak.

Sementara, stroke hemoragik terjadi ketika pembuluh darah di dalam atau dekat otak pecah. Akibatnya, menyebabkan perdarahan di otak.”Selain itu, faktor risiko stroke pada bayi baru lahir terjadi bila ibu mempunyai penyakit autoimun, gangguan koagulasi, infeksi, penyakit jantung kongenital, diabetes, dan trauma,” ungkap dr. Adeline.Selain itu, dr. Adeline menjelaskan faktor risiko juga tinggi ketika selama kehamilan terjadi infeksi plasenta dan infeksi air ketuban.

Jika bayi baru lahir mengidap cacat lahir yang meliputi lubang di jantung, maka gumpalan darah akan lebih mudah keluar dari bagian tubuh lain melalui jantung dan hingga ke otak.Riwayat keluarga yang mengalami masalah pembekuan darah juga membuat risiko stroke lebih tinggi pada bayi baru lahir. Faktor risiko lainnya ialah dehidrasi dan persalinan.

Leave a reply "Kenali Penyebab dan Gejala Stroke pada Bayi Baru Lahir"

Author: 
author