Perhatikah Hal Ini.. Meski Cuma Basa-basi, Ini 5 Manfaat Bertegur Sapa

401 views

Kita tidak bisa hidup sendirian, kita pasti membutuhkan orang lain karena manusia adalah mahluk sosial. Maka dari itu komunikasi dengan orang lain itu sangat penting.

Salah satu hal yang paling sederhana adalah bertegur sapa kepada orang lain, sekalipun kita tidak mengenalnya. Sebab menegur seseorang ternyata memiliki dampak positif bagi kita diantaranya adalah:

1. Peka Terhadap Orang Lain
Ketika kita menjadi orang yang ramah dan mau mengur orang lain menjadikan kita lebih peka terhadap orang lain. Karena respon orang lain pun berbeda sehingga bisa dijadikan pelajaran penting bagi dirimu.

Sekalipun responya tidak ramah, atau kasar sekalipun memiliki dampak positif yaitu mengasah rasa pekamu.

2. Merubah Moodmu Menjadi Lebih Positif
Kamu sadar bahwa respon yang kamu dapat tidak selalu postif dari orang yang kamu tegur. Kamu tidak selalu mendapatkan respon ramah, namun ketika kamu mendapatkan respon yang ramah dan hangat moodmu langsung membaik.

3. Menambah Relasi
Ketika sikapmu ramah bisa membuatmu memiliki banyak teman dan relasinya semakin banyak. Sekalipun sapaanmu hanya sebatas salam kepada orang tidak kamu kenal.

4. Pelajaran dan Intopeksi Diri
Ketika kamu tidak mendapatkan respon ramah, kamu bisa belajar dan berkaca mana respon yang baik dan yang tidak. Sehingga jika tidak baik kamu tidak memperlakukan orang lain dengan hal yang sama.

5. Belajar Membentuk Kerukunan
Jangan anggap remeh menegur seseorang karena jika dipraktekkan akan menimilisir perselisihan. Karena tegur sapa bisa membentuk kerukunan dengan masyarakat.

Leave a reply "Perhatikah Hal Ini.. Meski Cuma Basa-basi, Ini 5 Manfaat Bertegur Sapa"

Author: 
author